Stop Berteriak!


Tahun lalu saya masih kesulitan untuk mengatur intonasi anak-anak di rumah, namun secara tidak sadar saya pun lupa ternyata intonasi suara saya juga tinggi. Saya dibesarkan di keluarga sumatera dan tentu saja dengan orang tua yang biasa saja memanggil atau berbicara sangat bersemangat😄 Hal inilah yang akhirnya menurun ke cara saya membesarkan anak. Namun, saya ingin berubah dan mengajak suami untuk berubah. Nyatanya berteriak atau bersuara tinggi tidak akan menyebabkan anak menjadi patuh, takut, berhenti tantrum, atau mendengarkan nasihat orang tua. Saya menemukan tips ini awalnya dari web yourmodernfamilysetelahnya saya menemukan lagi di postingan ayahedy, dan beberapa artikel lainnya. Berikut kesimpulan yang saya dapatkan:

  1. Ajari anak apa konsekuensi jika melakukan hal yang disepakati dan jika tidak melakukannya. Hal ini akan mengajarkan kepemilikan terhadap kesepakatan tersebut. (Untuk anak balita sepertinya belum bisa, belum mengerti konsekuensi, tetapi kalau mau mulai sounding boleh sih. Di saya mulai agak berpengaruh setelah beberapa bulan sounding hohoho)
  2. Stop berteriak, turunkan intonasi, berbisiklah. Iya, berbisik jadi anak yang memang masanya mengekor apa yang dilakukan orang tuanya akan mengikuti.

Beberapa waktu lalu pada saat mengikuti seminar bu Elly Risman, ada beberapa tips tambahan:

  1. Hampiri anak, sejajarkan tubuh kita (menunduk atau berjongkok), lalu berbisik
  2. Tidak dengan intonasi marah tetapi tetap tenang (turunkan intonasi).

Tips-tips di atas sungguh berat di awal tetapi namanya usaha insya Allah ada hasilnya🙂 walau perlahan-lahan Alhamdulillah kebiasaan ini mulai menghilang di keluarga kami (walau tetap satu dua kali ada, keturunan sih😄😀 ). Mama bisa menasihati tanpa tarik urat *LOL*, anak dapat menyampaikan apa yang dia mau, dan tentu saja aturan bisa ditegakkan dengan keadaan lebih damai.

 

Leave a Reply

