Flu and Cough? Shot it with Stock!


Batuk dan pilek akan seringkali menghampiri anak-anak kita yang bayi dan balita jika imunitas tubuh sedang menurun, aktivitas sedang banyak-banyaknya atau perubahan cuaca yang tidak menentu seperti kutipan di bawah yang saya dapat pada saat kultwit dr @droei tanggal 25 Agustus 2014 kemarin. Bahkan untuk bayi bisa lebih dari itu (pernah denger tapi lupa sumbernya jadi belum dicantumkan ya mom).

dlm 1th rata-rata anak usia TK terserang batuk-pilek 3-8x & 2-3x | krn itu penting utk tau & kenali “tanda bahaya” kpn anak perlu ke dokter, pertimbangkan konsul dokter jk:
1) demam >39°C atau >72 jam
2) napas cepat/sesak/berbunyi
3) ngantuk/lemas berlebihan
4) gelisah/rewel susah ditenangkan
5) muntah/diare masif
6) kejang
7) sakit + sulit makan-minum

Kalau anak kita masih beraktivitas tapi srot-srot terus dan batuk-terus berarti ada kemungkinan anak kita hanya perlu home treatment. Kita tau bahwa flu dan batuk bisa disebabkan oleh virus dan bakteri, namuuun penyebab yang paling banyak adalah si virus sehingga flu dan batuk bisa sembuh dengan sendirinya atau lebih keren dengan sebutan self limiting disease. Beberapa kali saya coba tingkatkan imunitas anak-anak saya dengan vitamin C, baik dari jeruk maupun vitamin C anak tetapi ternyata gak cukup, apalagi anak-anak 1 dan 3 tahun itu lagi masa-masa petakilan. Ternyata kuncinya bisa kita kasih kaldu (stock)! Bisa kaldu ayam, kaldu sapi, kaldu ikan dan semua jenis kaldu ini bisa loh menyembuhkan dalam rentang waktu sehari sampai 3 hari. Jadi jangan selalu sakit = obat ya moms tapi kita perlu perhatikan asupan anak juga.

Caranya si kaldu ini kita buat sop. Kalau kaldu ayam biasanya saya bikin stok kaldu jadi lebih cepat kalo mau bikin sop ayam, hal ini berlaku juga buat kaldu daging. Bikin stok kaldu relatif mudah caranya, masukkan tulang-tulang ayam atau ceker ayam atau daging ke dalam air rebusan dengan daun bawang,potongan wortel. Biasanya saya menggunakan slow cooker (posisi low 6-9 jam), kalau di kompor bisa menggunakan api kecil dan biasanya waktunya lebih singkat dari slow cooker. Kalau kaldu ikan, saya gak suka dibikin stok karena baunya amis jadi ikan langsung saya bikin sup aja dengan tambahan duo bawang, daun bawang, daun jeruk, sereh. Masaknya dengan api kecil sampai keluar minyak ikannya. Naah kalo dah keluar minyak ikannya tandanya kaldunya sudah keluar. Selamat mencoba ya moms!

#edisi anak baru sembuh batuk pilek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s