Yeay, Fatih lulus Toilet Training! :)


Ceritanya mamanya Fatih punya keinginan kalau Fatih berumur 3 tahun Fatih udah lulus Toilet Training atau lepas popok siang dan malam. Keinginan ini sih agak-agak muluk soalnya umur 2,5 tahun Fatih masih gagal lepas popok dan si adek lagi seru-serunya belajar jalan alhasil urusan TT masih diundur sampai mental mamanya siap (heuu). Sulit banget! Apalagi saya bekerja sepanjang siang dan si mbak yang bantu ngejagain Fatih dan Runi tidak bisa menghitung jarak waktu jadi harus memutar otak bagaimana caranya Fatih ini bisa lulus tanpa distraksi apapun. Proses TT ini susah-susah gampang karena kalau terdistraksi sekali harus mengulang dari awal dan itu menguras emosi dan energi banget,seriously! Demi TT ini bahkan saya memperhitungkan waktu untuk berdiam di rumah saja pada saat weekend. 

Berdasarkan pengalaman emak-emak lain dan hasil blogwalking, katanya mulai TT siang dulu dan pake training pants. Oke, saya siapkan 3 training pants dan saya kecewa karena training pants ini bener-bener tipis alhasil saya mix dengan outer clodi. Lumayan 6 buah aja buat belajar TTnya padahal kurang loh sebenarnya tapi gapapalah bismillah aja.  Tapi akhirnya saya beli celana dalam beneran aja ukuran anak-anak biar lebih irit,hihihi. 

2,5 tahun tiba dan menurut babycenter, ini usia anak laki-laki siap mental untuk TT selain mengerti tentang instruksi dan bisa memberi tahu kalau kebelet pipis. Oke, saya setel alarm tiap jam mulai dari sejam setelah jam mandi Fatih sampai sejam sebelum dia mandi sore. Awalnya pasti bablas pipis dimana-mana dan Tetanya juga bantuin tiap setengah jam bahkan ditatur ke kamar mandi. Setelah seminggu Fatih sudah terbiasa pipis tiap sejam, mamanya happy banget berarti bisa ditingkatkan  dua jam. Baru happy ternyata ada 1 kesempatan pas pompa air macet dan satu rumah rempong seharian dipakeinlah pospak ke Fatih.. Yap cuma sehari aja dan SUKSES menggagalkan TT Fatih yang selama seminggu itu😥 Ini sempet bikin down dan stres tapi harus dijalani. Alhasil saya punya PR untuk tiap hari mengingatkan bahwa Fatih harus gak pakai pospak sepanjang siang sampai dia lulus ditatur.

Selang satu minggu sepertinya frekuensi pipisnya Fatih berubah jadi agak lama, saya senang dan melanjutkan tiap 2 jam. Berhasil lagi di minggu berikutnya, alarmnya saya tiadakan tapi si mbak saya ingatkan untuk mentatur dia sebelum dan setelah tidur siang serta sebelum makan siang soalnya kalo keasikan main dan fokus sama sesuatu pasti ngompol deh.

Setelah 2 bulan sukses free popok di siang hari dan setelah adeknya ulang tahun, saya mengingatkan suami dan menyemangati diri sendiri untuk mentatur di malam hari. Ini berat banget apalagi saya masih harus terbangun menyusui Runi dan Fatih masih minum susu malam-malam 3-4 kali. Terbayang harus bolak balik ke kamar mandi sepanjang malam sepertinya saya tak sanggup dan mendelegasikan tugas mentatur malam ke suami dan suami setuju,alhamdulillah :D Tak menyangka tatur malam hanya berjalan 3 hari! Surprised banget saya, Fatih hanya mengompol di malam pertama dan malam-malam selanjutnya hingga saat ini tidak ada ompol lagi! Selamat abang sayang, mama bangga sama abang. Semoga makin pinter yah dan jangan ngompol-ngompol lagi hihihi 

Dan kurang dari 3 tahun Fatih sudah lepas popok😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s