Mulutmu Amanahmu


Terus terang saya tidak suka dengan orang yang banyak omong atau suka membual, mungkin itu sebabnya saya tidak suka menonton berita yang berisi politisi-politisi yang membuat semuanya terlihat baik-baik saja, menutupi keburukan-keburukan yang jelas-jelas terlihat, dan merasa bahwa mereka paling hebat. Belum lagi kalau ada talkshow yang isinya pakar-pakar menganalisis ini-itu yang terkadang terlihat sok tau. Sudahlah, lebih baik saya mengurus anak saja.

Selang beberapa saat kita bisa melihat di berita lagi bahwa orang yang berkoar-koar sebelumnya, terbukti korupsi ataupun melakukan hal tercela lainnya. Saya bukan orang suci yang tidak pernah melakukan kesalahan tapi plis deh, kalau emang kita bersalah, jangan berpura-pura jadi korban. Akui dong kalau emang gentle. Atau kita yang harus bercermin lagi, jangan-jangan emang itu tabiat orang Indonesia? Suka basa-basi, pengennya terlihat baik di mata orang lain, menutup-nutupi keburukan padahal kebenaran di depan mata? Na’udzubillah min dzalik.

Seringkali juga saya menemukan di lingkungan kantor saya. Basa-basi yang memang basi, pemakluman terhadap sebuah kesalahan yang kebablasan hingga mengusik hak orang lain, kebenaran yang tidak disampaikan, dan kesoktahuan tentang topik yang bukan ahlinya. Kenapa juga kalau salah ya minta maaf, kalau misalnya gak tau bilang gak tau dan berjanji akan dipelajari. Kalau misalnya kecenderungannya begini terus, ketauan bodohnya di muka publik siapa yang malu coba? Di satu sisi orang-orang yang merasa bahwa ilmunya sudah tinggi sukanya merendahkan. Semuanya dilihat dari titel. Kalau tidak bertitel berarti anda tidak sepintar saya. Belum lagi kalau melihat umur, ah tau apa sih anak muda ini! Well, itulah Indonesia. Tapi sebagai kaum muda, saya menolak untuk menerima keadaan, karena keadaan memang diciptakan untuk tidak ideal bukan? Biarlah dianggap sok tau, dianggap pemberontak, dianggap belagu. Tapi saya yakin suatu kebenaran walaupun awalnya dicemooh pada akhirnya akan tegak berdiri, tinggal menunggu waktu.

Leave a Reply

