Prepare for the normal birth.. (Part 1)


Hai hai semuanya.. Udah lama banget mau posting tentang ini tapi kesibukan tampaknya cukup menyita waktu, pikiran, dan ingatan, jadi baru sekarang deh saya bisa posting🙂

Prepare for the birth ini akan saya bagi menjadi 3 postingan, yang pertama prepare for the birth technically, trus prepare for the birth-baby edition, dan prepare for the birth-mommy edition🙂

Untuk postigan kali ini saya mau berbagi tentang proses melahirkan yang nyaman untuk mama dan bayinya. Dari pengalaman saya ada beberapa tips untuk melahirkan:

  1. Ketika masuk usia kandungan 8 bulanan atau minggu ke33, rajin-rajin minum kelapa muda. Kata orang tua dulu, kelapa muda berfungsi untuk melahirkan bayi yang bersih dan tidak tertutup lemak. Dan itu berlaku pada saya. Beruntungnya rumah dekat dengan penjual kelapa muda, jadilah minimal 2 hari sekali dicekokin kelapa muda dan Alhamdulillah Fatih lahir sangat bersih🙂
  2. Ketika masuk usia 7 bulanan atau minggu 28, rajin-rajin jalan kaki. Gak usah jalan kaki cepet tapi jalan kaki santai aja. Dulu sih gak tiap hari juga karena maunya ditemenin,hehe. Tapi sekali jalan kaki saya bisa menempuh 2 km atau lebih. Gunanya jalan kaki pada awal trimester ketiga ini adalah supaya kepala bayi muter ke bawah posisinya jadinya mempermudah lahiran normal. Kalau di akhir trimester ketiga gunanya untuk merangsang pembukaan. Well, saya memilih metode pro normal.
  3. Untuk para moms yang baru lahiran pertama kali dan bingung apa yang harus dilakukan pada saat lahiran (kayak saya), jadi saya nyoba senam hamil. Ini gak wajib moms, tapi sebenarnya kalo untuk saya lebih menyupport mental untuk lahiran dan akhirnya jadi lebih rileks. Pertama, karena ketemu bumil-bumil yang memang usia kandungannya sama jadi ada orang yang punya antusias dan semangat yang sama, biasanya bagi-bagi info dokter kandungan yang mau membantu melahirkan. Kedua, saya senam hamil di RS yang sama dengan tempat melahirkan jadi yang ngajarin senam adalah suster-suster yang membantu persalinan juga jadi kalo buat saya membangun trust dan saya bisa tenang dan nyaman melahirkan nanti. Sampai sekarang saya masih inget wajah susternya loh🙂 Senam hamil juga mengajarkan bagaimana seharusnya mengatur napas pas lahiran nanti. Yah, walaupun pada saat melahirkan bisa jadi kita lupa sama yang pernah dipelajari tapi buat saya it works!🙂 Pada saat melahirkan saya hanya butuh 2 kali tarikan napas dan si baby sudah lahir🙂 Teknik mengejan juga diajarkan jadi kita bisa mempush si baby dengan benar dan kita sendiri tidak kehabisan tenaga🙂
  4. PENTING BANGET! Cari RS terdekat yang pro IMD dan bayi satu ruangan dengan kita (baby in room ya namanya?). Buat saya pribadi yang pro ASI eksklusif, ini syarat RS pilihan untuk melahirkan. Ribet sih dulunya, sampe semua RSIA terdekat dari rumah sudah saya list,hehe. IMD or Inisiasi Menyusui Dini adalah tahap awal buat bayi untuk perlekatan lidah pada puting mama dengan sempurna. Saya tidak pernah mengajari Fatih untuk menghisap loh dan Subhanallah sudah takdir bayi untuk mencari puting mamanya dan menyusu🙂 Proses IMD ini lama, bisa sampai 1 jam. Saya sendiri lupa, kayaknya Fatih IMD antara 30-45 menit. Perlekatan lidah-puting yang tepat akan menolong moms dari lecet puting di kemudian hari. Saya sendiri tidak pernah mengalami lecet puting hingga sekarang (Fatih 14 bulan). Memilih RS yang pro IMD akan membuat momen pasca melahirkan kita menyenangkan. Karena kalo gak pro IMD kan kita yang kekeuh mau IMD dan teman saya pernah disuruh cepet-cepet selesai padahal bayinya belum menemukan puting ibunya😦 Untuk baby in room –> penting banget untuk mencegah pemberian sufor pada bayi kita dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab (sekali lagi, karena saya pro ASI eksklusif). Bahkan pernah ada kasus pemberian sufor tanpa setau orang tua dan ada juga kasus pemberian sufor dari satu bayi ke bayi lain dalam 1 botol susu yang sama >.<
  5. Cari dokter kandungan yang pro normal dan tidak induksi. Dulu saya selalu diwanti-wanti oleh mama dan sepupu saya untuk lahiran normal. Katanya prosesnya memang sakit tapi cepet sembuh pasca persalinan. Kalau caesar, prosesnya gak sakit tapi penyembuhan pasca persalinan lama. Oiya, induksi sekarang lagi marak loh. Karena memang pembukaan yang tidak naik-naik, makanya poin 2 di atas penting banget tuh. Kalo kata sepupu saya sih dia diinduksi karena dulu malas jalan jadi pembukaannya lama banget dan induksi itu amat sangat sakit,moms. Kebayang dong berlipat-lipat sakit pas prosesnya. Dulu alhamdulillah saya tidak diinduksi dan melahirkan normal🙂
  6. Tips untuk moms: Makanlah sebelum mengejan! Sebelum melahirkan minta tolong pendamping untuk membawakan makanan. Dulu saya ada mama dan suami. Suami spesialis memberikan semangat dan menghibur di sisi tempat tidur. Mama spesialis nyemangatin dan nyuapin makan,hohoho. Dulu saya sempet minum teh manis anget, 1 telur rebus, dan 1 kelapa muda kemasan. Kayaknya juga ada tambahan beberapa suap bubur ayam deh,hehe. Banyak banget yah makannya? Pertamanya saya tuh gak nafsu makan tapi sama suster senior dimarahin,katanya ntar gak ada tenaga buat mengejan. Dan ternyata benar sodara-sodara. Alhamdulillah itu suster walaupun galak tapi bener kata-katanya (apalagi saya juga sempet ngeyel -.-“).
  7. Ada tips lucu nih,mom. Berhubung saya itu mengusahakan segala sesuatunya supaya lahiran normal jadi ada tips lucu yang mau saya berikan. Usahakan untuk BAB di WC jongkok bukan WC duduk😀 Kalo di rumah saya, ada 2 tipe WC, WC jongkok dan WC duduk. Dan ternyata saya menemukan tips yang sama di webnya babycenter. Tambah pula pas senam hamil ada gerakan jongkok-jongkok sambil pegangan dinding gitu untuk mempercepat pembukaan,xixixi. Hikmah buat saya sendiri adalah lutut saya masih kuat menopang badan saya dan mempercepat pembukaan tentunya🙂
  8. Jalan kaki cepat lagi dan lagi! Pas sudah merasakan kontraksi braxton-hicks atau kontraksi palsu, lakukan jalan cepat. Ini gunanya untuk mempercepat persalinan. Persalinan pertama biasanya pembukaan berlangsung lama, bisa saja 2-3 hari. Tapi sebenarnya tergantung riwayat keluarga juga. Kalo ada yang mamanya cepet melahirkannya, 10 pembukaan itu bisa hanya 2 jam. Kalau saya sendiri, riwayat Ibu saya dulu melahirkan lebih dari 2 hari pada kelahiran pertama. Saya sendiri dari pembukaan 3 (pembukaan 1 gak ketauan) sampai pembukaan 10 memakan waktu 7 jam (dari jam 12 malem sampe jam 7 pagi). Kata Ibu saya sih saya sudah termasuk cepat. Tapi ya itu, kalo merasakan kontraksi langsung jalan cepat begitu terus sampai kita capek. Jalannya mondar mandir atau muterin ruang tamu juga boleh😀
  9. Siapkan perlengkapan melahirkan dalam 1 tas. Kalo udah waktunya pasti gak kepikiran lagi apa yang harus disiapkan. Yang diinget cuma cepet-cepet nyampe RS. Untuk perlengkapan apa aja ada di postingan berikutnya ya.
  10. Hati-hati dengan tanaman apapun yang katanya melancarkan proses persalinan. Dulu saya diberikan tanaman ini dan pas senam hamil diwanti-wanti sama suster supaya jangan diminum karena mempercepat kontraksi tapi pembukaan tidak terjadi. Mungkin waktu pemberiannya tidak tepat kali ya? Saya tidak tahu, ada yang berpengalaman dengan ini,moms?

Hmm.. Sepertinya baru segitu yang saya inget, nanti kalau ada yang saya inget lagi insya Allah saya sharing lagi di blog ini ya.. Semoga proses menjelang-saat-pasca persalinan menyenangkan ya bumil!🙂

2 thoughts on “Prepare for the normal birth.. (Part 1)

Leave a Reply

