Prepare for the birth.. Part 2


Prepare for the birth.. Part 2

Assalamu’alaikum semua..

Postingan kali ini, saya mau sharing tentang perlengkapan apa aja yang perlu kita persiapkan untuk menyambut si buah hati. Buat para bumil yang pas ngintip USG tau babynya cewe jadi gak kalap gitu,xixixi. Barang-barang bayi kan lucu-lucu. Tapi dengan budget terbatas tentunya kita harus memprioritaskan apa-apa aja yang perlu dibeli dan yang belum perlu J Lagian dedek bayi cepet gedenya, ntar nyesel deh kalo udah beli baju lucu eh cuma kepake satu atau dua kali😀

Untuk tempat beli perlengkapan bayi yang lengkap dan terjangkau, saya ada 2 tempat favorit, yaitu ITC kuningan dan ITC cempaka mas. Kalo keperluan newborn saya belinya di toko Audrey ITC cempaka mas. Kalo yang baby gear kayak car seat, stroller, kemaren ini beli potty trainer saya ke ITC kuningan. Intinya sreg-sregan sama budget dan penampakan barangnya deh😀 Berikut adalah list perlengkapan yang saya beli dulu.

Buat perlengkapan mommy pasca persalinan (hehe jangan lupa sama kebutuhan diri sendiri,mom J)

  1. Breast pad. Breast pad ini ada yang disposable dan washable. Saya dulu lebih milih yang disposable dengan alasan lebih kering walaupun breast padnya penuh dan merk yang saya rekomendasikan adalah pigeon (udah pernah nyoba 2 breast pad model lain dan gak enak). Kalo pas volume ASI sudah sedikit karena anak udah makan, lebih hemat pake yang washable. Kalo beli di Carrefour dan sejenisnya breastpad ini muahall bok tapi kalo di toko bayi bisa berkurang sampe 20 ribuan.
  2. Breast pump. Buat ibu bekerja ini barang wajib untuk stok ASIP (ASI Perah). Saya sudah pernah nyoba mompa sendiri make tangan tapi gak ahli dan karena dibelikan breast pump dulu sama Ibu saya jadi Alhamdulillah🙂 Soalnya harga BP di atas 250ribuan. Ada yang bilang merk yang bagus Medela dan Pigeon. Saya pernah punya IQ Baby yang elektrik (enak dibawa pergi-pergi karena mungil) dan Pigeon manual. Enakan yang manual karena gak bikin sakit.
  3. Pembalut nifas. Beda dengan pembalut biasa,mom. Lebih lebar dan panjang pastinya. Tapi dulu saya gak nyaman dan akhirnya balik ke pembalut biasa.
  4. Bra menyusui. Bedanya dengan bra biasa karena ada kaitnya untuk buka-tutup jadi kalo si baby mau nyusu mudah.
  5. Baju bukaan depan. Sejenis kemeja atau daster, yang penting ada bukaan depan, hanya untuk memudahkan untuk menyusui.
  6. Bantal menyusui. Pas awal menyusui,puegellnya poll!! Sebaiknya sih beli tapi kalo gak ada budget ya gak usah juga gakpapa. Saya dulu gak beli  dan emang pegel banget tapi itung-itung jihad seorang Ibu, takpapalah🙂
  7. Gurita dan stagen. Hehe, yang dibalut gurita bukan bayi tapi emaknya. Rasanya gerah banget dan cukup lama, sepertinya saya 2 bulan make ini. Gunanya gurita dan stagen ini adalah untuk menjaga supaya perut gak berlipat-lipat (‘hadiah’ pasca melahirkan). Sengsara membawa berkah deh judulnya.
  8. 1 paket jamu pasca melahirkan. Saya dulu beli yang merk sari ayu. 1 paket dapet 2 botol jamu dan 3 botol untuk dibalurkan ke badan. jamunya yang 2 botol gak diminum karena kata dsa bisa menaikkan bilirubin dan bayi jadi kuning. Tapi yang penting adalah pilis (untuk melancarkan peredaran darah di pelipis –> kalo pasca melahirkan kita suka pusing loh), param (kalo untuk pijit abis melahirkan), dan tapel-nya (untuk mensingsetkan si perut). Dan kalo pake ini badan enak banget rasanya.
  9. Sarung batik. Itu loh yang kayak dipake si mbah-mbah. Pertamanya saya juga ngernyit tapi ternyata emang adeem banget. Selama nifas enak banget pake ini dan tentunya setelah melahirkan langsung pake ini. Gak boleh angkat-angkat kaki tinggi-tinggi sama orang tua karena kita habis melahirkan.

Untuk keperluan bayi:

  1. Baby bed. Kalo saya pribadi gak beli ini dengan alasan tidak terlalu penting dan bayi tidur diantara saya dan suami. Pertama, gak pegel untuk ngangkat dan meletakkan lagi kalo mau menyusui dan kedua, bonding bayi dan orang tua lebih terjalin. Kalo si bayi bangun, dia sudah melihat kita🙂
  2. Tas bayi. Biasanya dikombinasikan dengan tempat susu dan selimut topi, pilih aja yang sesuai dengan keperluan. Tas bayi ini penting untuk bawa perlengkapan bayi pas pergi-pergi. Kalo selimut topi kita pake untuk melindungi bayi dari matahari.
  3. Bedong (2 lusin). Dulu Fatih dibikinkan bedong oleh ibu saya. Sebenarnya bedong gak dipake juga karena udah gak boleh lagi di dunia medis karena menghambat pertumbuhan bayi, akhirnya cuma dipakein jadi selimut dan pengganti celana panjang selama Fatih pake popok kain🙂
  4. Perlak 1 buah. Beli yang sekalian bagus karena bisa kepake lama. Gunanya perlak untuk alas bayi jadi kalo ngompol gak ngotorin tempat tidur, untuk mandiin bayi juga bisa.
  5. Baju newborn 2 lusin. Dulu dengan perkiraan bisa 3 hari sekali nyuci ternyata nyuci tiap hari juga. Beli yang kutung biar babynya gak gerah hehe. Tapi beli juga yang lengan pendek. Kalo yang lengan panjang dapet dari hadiah.
  6. Celana bayi. Mulai celana panjang, celana pop, celana pendek.
  7. Overall dan legging bayi. Enaknya dipake kalo bayinya sudah kuat lehernya.
  8. Popok kain tali. Kalo bisa bayinya dipakein popok kain terus. Pertama untuk melihat perkembangan poopnya (untuk tau sehat atau gak), kedua untuk tau frekuensi pee-nya jadi bisa memperkirakan kebutuhan ASInya. Dulu pas Fatih cuma bertahan 2 minggu karena dia heavy water jadi baru diganti eh basah lagi. Biar gak capek ya pake disposable akhirnya :p
  9. Alas ompol 1 lusin. Seperti namanya ya untuk alas ompol,hehe. Kalo sudah agak besaran bisa dipake untuk insert cloth diaper.
  10. Handuk bayi. Beli 2 sudah cukup kayaknya.
  11. Singlet 1 lusin
  12. Jaket 1
  13. Sarung tangan kaki 6 pasang
  14. Waslap. Pada akhirnya gak pake waslap karena sentuhan tangan lebih nyaman ternyata.
  15. Slaber. Biar kalo minum susu gak tumpah.
  16. Minyak telon konicare, baby oil, Hair lotion, Baby shampoo & soap (dulu beli yang tp to toe wash biar gampang)
  17. Kapas bulet untuk bersihin poopnya.
  18. Gunting kuku bayi puku. Bedanya dengan gunting kuku dewasa, nanti kuku bayi gak terlalu tajam jadi gak bikin mukanya gores sana sini.
  19. Sisir bayi 1 set.
  20. Tissue basah dan kering.
  21. Baby carrier/ kain panjang batik. Kalo saya pribadi gak beli karena gak ngerti cara pakenya,hehe. Akhirnya pake kain panjang batik.
  22. Per tempat tidur ayun. Ini dipake untuk alternatif baby box, pernya tinggal dipakein sarung dan dialasin bantal.
  23. Ember mandi bayi
  24. Baby bather. Kalo belum jago mandiin bayi, ini amat sangat berguna sampai si bayi bisa duduk sendiri.
  25. 1 set bantal,bantal peyang, dan gulingnya.
  26. Sleepy wrap. Ini bisa sebagai pengganti carrier dan gak pegeell, enak banget gendong Fatih kemana-mana.
  27. Soft toys baby/ Buku kain. Ini untuk merangsang bayi terhadap warna, tekstur dan bentuk.
  28. Play mat. Ini untuk merangsang motorik bayi
  29. Botol susu dan sikat botolnya. Botol susu ada yang ukuran 60, 120, dan 240 ml. Kalo saya sih dulu beli yang 120 ml 1 buah. Trus dapet lagi 2 buah dari kado. Segitu sih cukup🙂 Jumlah botol susu yang diperlukan tergantung berapa lama kita ninggalin bayi dan frekuensi menyusunya. Kalo misalnya dia 2 kali minum dalam sehari ya beli aja 2 buah. Ntar tiap pagi disterilkan.
  30. Botol ASIP. Botol ASIP ada yang kaca dan ada yang plastik. Botol kacanya ada yang kayak botol selai, botol UC 1000, dan botol aquadest 100 ml. Saya waktu itu milih botol aquadest 100 ml karena tutupnya karet (biar gak karatan) dan waktu itu beli harganya lumayan murah di pasar pramuka. Moms bisa beli juga di klinik laktasi seperti di st.carolus, RS fatmawati. Kalo di toko bayi adanya botol ASIP plastik dan mahal (45000 cuma dapet 3 botol).
  31. Cooler bag. Cooler bag berbeda dengan cooler box, kalo bag bahannya kain, kalo box plastik keras (kayak tempat minuman dingin penjual minuman itu loh). Saya prefer cooler bag karena lebih ringan dan lebih mobile.
  32. Ice pack/ice gel. Biasanya dijual ice gel tapi lebih tahan lama yang ice pack. Tergantung kebutuhan kita sendiri. Pulang pergi kantor lama atau gak. Kalo saya waktu itu dapet ice gel pas beli cooler bag🙂
  33. Sterilizer. Gunanya untuk mensterilkan botol ASIP, botol susu bayi, breast pump. Kalo gak ada ini bisa juga dengan cara merendam botol susu, botol ASIP, dan breast pump selama 5 menit pada air yang mendidih. Dulu juga dapet hadiah jadi lumayan membantu kerepotan pagi hari🙂
  34. Steamer. Ini gunanya untuk menghangatkan ASIP/MPASI beku/dingin.  Kalo ASIP dihangatkan hingga suam-suam kuku (40 derajat C). Biasanya ada petunjuk temperaturnya. Jangan yang 70 derajat ya soalnya ASIPnya bisa rusak,kan sayang.

Yup, kurang lebihnya segitu persiapan saya dulu. Kalo ada tambahan boleh dong comment di bawah ya🙂

2 thoughts on “Prepare for the birth.. Part 2

    • wah,kalo ditotal bisa jutaan,mom. Pilih yang prioritas aja. Itu kan banyak macemnya. Yang mahal-mahal sih kayak play mat, baby bather, steamer, sterilizer, yang perlengkapan elektronik dan permainan anak biasanya harganya ratusan (dari seratus sampai 800an) jadi pilih yang benar-benar dibutuhkan aja. Kalo kayak baju, bedong gitu, biasanya selusin ada yang 85ribu sampai seratusan🙂 Kemaren saya beruntungnya dapet kado jadi gak semuanya dibeli🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s