mitos dan fakta tentang obat generik


Hari ini aku menemukan artikel ini. Wah, bagus juga ada harian online yang membicarakan tentang obat. jarang banget soalnya, walaupun yang dibicarakan bukan hal baru di kalangan apoteker. Check this out:

Anggapan bahwa obat generik adalah obat kelas dua hingga kini masih beredar di masyarakat. Inilah mengapa terkadang pasien ragu-ragu meminta obat generik saat berkonsultasi ke dokter. Padahal mutu obat generik sama baiknya dengan obat paten. Kalau ada perbedaan semata-mata dari sisi ekonominya saja.

Mitos: Obat generik tak seampuh dan seaman obat paten
Fakta: BPOM dan FDA mensyaratkan obat generik memiliki kualitas, keampuhan, kemurnian dan kestabilan yang sama dengan obat paten imbangannya karena memiliki unsur aktif yang sama. Berarti obat generik memiliki risiko dan manfaat yang juga sama dengan obat paten tersebut.

Mitos: Obat generik bekerja lebih lambat di dalam tubuh
Fakta: Obat generik harus menghasilkan jumlah unsur aktif yang sama dengan waktu yang sama seperti obat paten aslinya.

Mitos: Obat generik memiliki lebih banyak efek samping
Fakta: BPOM dan FDA memantau laporan efek samping obat dan tidak menemukan perbedaan yang nyata dalam peristiwa timbulnya efek samping.

Mitos: Obat generik dibuat dengan fasilitas yang kurang memenuhi standar
Fakta: FDA dan BPOM melakukan ribuan kali pemeriksaan setiap tahun untuk memastikan bahwa fasilitas pabrik obat paten maupun generik memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Sesungguhnya sekitar saparuh dari seluruh obat generik diproduksi oleh perusahaan obat paten yang membuat duplikasi dari obat paten mereka sendiri atau obat paten dari perusahaan lain.

——–

oke,buat tambahan pengetahuan aja. Sebenarnya obat generik adalah obat paten yang diproduksi bukan oleh perusahaan penemu obat pertama kali dan diproduksinya setelah masa paten habis. makanya harganya bisa beda banget coz ongkos untuk riset tidak ada dan ini menekan biaya produksi yang sangat besar (jadi ngirit). Jadi, masyarakat bisa menggunakan obat ini tanpa kekhawatiran mendalam😉

sumber: http://www.kompas.com tanggal 16 september 2010 [repost]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s