MPASI…… Begin!


H-1 menuju Sarjana ASIX (eXklusif) dan MPASInya Fatih. Jujur saya agak riweuh >.< , terkait dengan prinsip makanan apa yang diperbolehkan dan apa yang belum pantas dimakan oleh Fatih. Mana saya suka lupaan bawa atau nyiapin makanan dan peralatan -.-” Selain itu, sekarang Fatih sama Mama dan Papa tinggal di rumah Buya dan Ummi lagi, jadilah rame banget yang kepengen ngasi makan si Fatih,xixixi. Tapi saya yakin, sebagai mamanya Fatih, saya harus keukeuh kalo punya prinsip atau bisa jadi tiba-tiba si Fatih udah dapet makanan A-lah, atau B-lah. Pas masa Fatih cuma nyusu ASI aja, saya sudah adu pendapat misalnya tentang manajemen ASIP (ASI Perah), Sufor (susu formula) vs ASI, MPASI 4 bulan atau 6 bulan, dll deh. Berhubung kerja, saya lupa nyiapin diri untuk MPASI ini dan bener deh, deg-degannya sama kayak mau mulai ASI kemaren. Saya sih bertekad buat bikinin MPASI Fatih homemade, jadi berbagai merk makanan bayi yang iklannya suka sliweran di TV kemungkinan gak akan saya pegang. Bilanglah saya perfeksionis, emak yang protektif tapi itulah saya๐Ÿ˜€ Harapan saya sih simpel, saya pengen suatu hari ketika Fatih udah agak besar, dia bisa bilang “Fatih mau makanan yang mama masakin aja” atau “Aku kangen masakan mama”. Wow, ternyata rasanya gimanaaa gitu. Soalnya saya juga produk masakan mama sih๐Ÿ™‚

Oiya, ada beberapa pendapat tentang ngasi MPASI pertama ke bayi. Setelah saya searching-searching, nanya ke dsa, diskusi, dan buka-buka milis, semuanya berbalik ke kita kok. Mau buah dulu boleh, serealia dulu boleh. Yang menjadi alasan kalo buah itu gula buahnya masih gula sederhana jadi mudah dicerna, sedangkan serealia itu kemungkinan besar tidak menyebabkan alergi pada bayi. Kalo saya pribadi kemungkinan besar besok mau saya kasih buah dulu. Kebanyakan sih emang ngasih alpukat, tapi berhubung alpukat menteganya udah keburu masak duluan, kayaknya pisang dulu deh. Kemungkinan pisang emang bikin sembelit, tapi, mari kita coba!๐Ÿ™‚

Buat para emak-emak yang pengen berusaha ngasih makanan bikinan sendiri, ada nih milis yang asik kayak http://www.mpasirumahan@yahoogroups.com atau grup FB homemadehealthybabyfood atau blog mamakukokihandal.blogspot.com. ^.^

 

4 thoughts on “MPASI…… Begin!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s