KECAPI.. buah yang terlupakan


Kalo saya tanya “kalian tau kecapi gak?” Pada bisa jawab gak yah? Bukaan.. bukan alat musik loh tapi itu tuh nama buah. Kenapa saya menyinggung buah yang saya suka banget ini? Tadi tuh di kantor ada yang bawain kecapi sekarung beras. Buanyak banget kan? Tapi ternyata yang tau kecapi itu hanya senior-senior saya yang notabene ibu-ibu sedangkan yang masih imut kayak saya *hueks* pada gak tau kecapi itu apa *shock*. Padahal pas saya masih kecil saya bisa menikmati buah ini sampe klenger. Ya iyalah, tetangga depan saya punya pohon kecapi dan merupakan kakek-nenek yang baik hati jadi saya selalu diberikan kecapi kalo lagi panen. Okeh, back to the topic. Si buah mungil ini jaraaangggg banget di pasaran, saya aja bingung gimana nemuin buah ini lagi. Terakhir kali saya makan buah inimungkin sekitar 6 atau 7 tahun yang lalu. Mama saya beli di pasar dan harganya sungguh melangit!! Berdasarkan hukum ekonomi, kalo harga melangit berarti persediaan sedikit kan? Yup, buah kecapi susah banget ditemui sekarang. Saya rasa pohon kecapi itu cuma tumbuh di sekitar jakarta. Sayapun tadi dapet oleh-oleh buah ini dari teman sekantor saya yang pulang dinas dari daerah Banten. Mungkin kecapi bisa langka ya?😦
Deskripsi buah ini adalah buah ini hampir sebesar bola tenis. Warnanya kuning stabilo (mirip bola tenis gitu) dengan bulu-bulu halus di kulitnya (jadi gak licin kayak apel yah). Rasanya tuh manis-manis asam. isinya mirip manggis jadi di dalam kulit, buahnya banyak dan berwarna putih. Kalo pecinta asam pasti suka deh sama rasa buah ini🙂 rasa asamnya juga khas kecapi. Yang unik, buah ini gak bisa dibuka pake tangan. Kalo dulu sih pas masih kecil saya pake bantuan daun pintu,xixixi😛 Iyah,bener! Kecapinya tuh dijepit pake daun pintu. Itu tuh gara-gara kulitnya keras banget kalo dibuka pake tangan, beda sama buah manggis yang bisa dibuka pake tangan kan? Tapi selaen pake daun pintu, pake pisau juga bisa kok🙂 Kalo pake daun pintu, kemungkinan bisa merusak pintu karena kecapi ini punya getah dan lengket gitu deh. Hmm.. bagi kalian yang belom pernah nyoba pasti penasaran kaaan??😉

14 thoughts on “KECAPI.. buah yang terlupakan

  1. Kyknya ne buah langka banget yaaaaa…gara2 tmnku hamil BC pengen kecapi jd pengen tau juga ne kecapi bisa dibeli dmn ya? Aq tinggal dSby. Help donk kirimin yg punya kecapiiiii….Aq pengen incip…

  2. maap mas, mgkn artikel nya udah setahun lalu.
    boleh tanya, dimana saya bisa cari dan membeli buah kecapi? syukur2 kalo ada yang bisa dikirim. boleh mohon informasinya? thanks before.

    • haduh, saya bukan mas,atuh.. saya perempuan..
      kalo mencari bisa di daerah bogor.. waktu itu saya dapet dari teman kantor yang punya kebun kecapi di Bogor.. Memang butuh untuk apa,pak?

  3. Aq pernah makan buah ini, itupun dikasi ama tetangga. Kebetulan mereka punya kebun yang cukup jauh dari tempat kita tinggal. Pertama sih aneh juga liat itu buah karena selama di Sumatera aq gak pernah denger, liat ataupun tau ada buah yang seperti ini dan bernama kecapi. Pas dikasi tau sm my sista kalo itu buah namanya kecapi, aq ngerasa lucu. Aq pikir kupingku salah denger. Ternyata beneran buah kecapi. Rasanya enak. Manggis kalah.. Sayangnya, kalo aku perhatiin buah ini kurang diminati deh.. (khususnya dilingungan tempatku tinggal) soalnya kalo lagi berbuah buahnya berserakan begitu aja disekitar pohonnya, malahan banyak yang masuk ke got (sayang banget ya). Pengen sih mungutin tp aq malu diliatin orang huehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s