“Marhaban ya Ramadhan!”


Tak terasa bertemu Ramadhan kembali, adakah rindu menyelip di hati? Ternyata kesibukan kuliah membuatku agak tidak mengindahkan kehadiran bulan yang mulia ini 😦 Sebelum sampai harinya, aku ingin meminta maaf kepada teman-teman semua jika ada khilaf yang pernah kulakukan. Yuk mari kita mempersiapkan diri (lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali :p)! Yang belum punya jadwal imsakiyah, sini mari kubagikan (aku juga cuma ngesearch doank kok :D), kalian bisa download di  sini atau lihat di sini.

Memang ada perbedaan waktu tapi cuma semenit kok, jadi selain liat jadwal imsakiyah + jadwal solat ini, kita juga harus peduli kalo ada adzan berkumandang, ocre!😉 Harusnya ramadhan kali ini bisa kulewati bersama suami tapi ternyata realita tak seindah rencana, hikz. Jadilah 2 minggu pertama melalui sendiri (bersama adek sih). Yah, semoga hal ini tidak menyurutkan semangat untuk menghadapi ramadhan dan menikmatinya ^-^

Oiya, bagi yang belum tau atau suka lupa, inget loh, kiblat kita sekarang bergeser jadi derajatnya sekitar 294-295º (ini 0º-nya dari utara ya) à jadi kiblat kita sekitar 24-25º dari barat(agak serong). Pemberitaan tentang arah kiblat ini gak sebombastis berita lain waktu itu tapi sekarang, demi menyempurnakan solat yang juga amalan wajib kita, yuk diukur lagi derajat kiblatnya. Yang mudahnya teman-teman,bisa coba di http://www.qiblalocator.com/ . Ini situsnya menayangkan peta lokasi kita (seperti googlemap) tapi ada garis merah lurus yang akan menghubungkan kita ke masjidil haram. Aku dah nyoba nih, karena lokasiku di daerah Mlati,Sleman, jadinya derajat untuk solat di daerah tempatku 294°70′. Kalo di salah satu jadwal yang aku upload-in, ada juga tuh yang mencantumkan derajat solat untuk daerah jogja 294º42′. Mirip kan? Beda menitnya aja. Kalo untuk pembangunan mesjid sih urgent banget, malah harus melalui hitungan rumit.

Tips-tips menjelang dan selama ramadhan:

  1. Jangan lupa menyediakan waktu untuk mengaji dan mengkaji. Yah, walaupun 10-15 menit per hari, dibaca yuk kitab sucinya, jangan bisa baca novel atau komik doank,hehe. Tapi jangan sekadar mengaji, boleh juga tuh kalo membaca artinya, direnungkan, kalo bisa dikaji deh arti dari ayat yang kit abaca. Insya Allah bisa lebih meresapi 🙂
  2. Ayo sediakan minuman manis atau kurma ketika berbuka, jangan langsung makan nasi,hoho. Kalo bisa minumnya yang beneran gula ya, bukan pemanis buatan. Kenapa sih emangnya? Coz gula kan monosakarida jadi bisa langsung diserap oleh usus kita dan menggantikan energi kita yang terkuras ketika berpuasa. Nah, kalo kurma tuh kadar gulanya tinggi, >50% kandungan kurma tuh monosakarida loh. Tapi hati-hati yang menderita diabetes atau kencing manis ya, diliat lagi asupan gulanya😉 Selain itu, kalo makan nasinya banyak-banyak ntar cepet ngantuk loh (pengalaman,hehe) trus gimana donk tarawihnya?
  3. Pada saat sahur justru terbalik, konsumsinya justru yang mengandung karbohidrat biar tahan lama kenyangnya di perut,hehe.
  4. Jangan lupa hunting-hunting mesjid buat solat. Yang putri, kalo gak dapet mesjid yang dekat boleh kok solat di rumah (sunnahnya malah di rumah loh). Biasanya beda mesjid beda jumlah rakaat tarawihnya kan? Beda imam juga beda lamanya solat. Jadi, cari yang paling nyaman aja J Aku gak mensarankan solat yang paling cepet or yang paling lama lebih baik loh, tapi menurutku, yang membuat kita paling khusyuk itu yang dicari ^-^
  5. Mari kita melist kekurangan diri kita (gak ada manusia yang sempurna kan?) dan semoga pada saat ramadhan, kekurangan diri kita ini bisa kita reduksi pelan-pelan.

Pada akhirnya, selamat puasa untuk semuanya! Semoga bisa memberikan kualitas ibadah yang lebih baik lagi 🙂

Sumber:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s