PKPA Industri Jilid II


Hari ini saya masuk ke pabrik setelah hampir satu bulan mendiami kantor.. Ternyata di pabrik watu berjalan cepat tak seperti di kantor yang seringnya bikin saya ngantuk karena suasana yang tidak mendukung (dan akhirnya terselamatkan oleh kehebohan karyawan sana yang baik-baik ^o^). Pagi-pagi setelah sarapan *wajib* coz kalo dah di pabrik, dilarang keluar untuk makan *huhuhu*. Setelah itu saya langsung menuju ruang granulasi. Di ruang ini sedang melakukan granulasi untuk produk XXX. Menurut saya ruangan ini yang paling tidak membosankan dibandingkan ruang-ruang produksi lainnya. Oh,iya, saya lupa cerita. Begini, kalo di Aventis itu, ruang produksinya tuh tersekat-sekat, jadinya ada ruang processing dan packaging dimana ruang processing ini dimulai dari step penimbangan (baik solid dan semisolid) hingga berakhir di ruang pengemasan primer. Kalo ruang packaging ya cuma untuk pengemasan sekunder aja. Setiap step ruangannya beda-beda. Nah, saya diminta untuk memperhatikan proses granulasi untuk tiga hari ke depan, yang berarti saya harus masuk lebih awal dari temen-temen QA yaitu jam 07.15 dan pulang lebih cepet (yang ini meragukan) yaitu jam 16.00. Tapi saya tadi sudah mengkonfirmasi ulang ke atasan *cailaa* atau supervisor QA, saya dateng jam setengah 8 (biar liat keseluruhan processing) dan pulang jam setengah 5. Tapi tak apa, karyawan-karyawan produksi baik hati dan tidak sombong,hoho. Lagi-lagi saya suka banget ma suasana kerja di sini. Kerjaan jalan, becandaan oke dan hasil maksimal ^o^

Di processing karyawan wanitanya cuma ada 2, yaitu manajernya + sekretarisnya. Sisanya? Bapak-bapak dan mas-mas semua. Pertamanya agak takut, soalnya cewe sendiri (+kak Nia denk *QA officer*) dan takutnya dianggap tak becus kerjanya karena gak bisa bener-bener bantuin. Bayangin aja, kerjaan operator sana maennya kilo-an. Dah gitu, paling dikit > 5 kg, dan paling banyak bisa 50 kg-an. Bagaimana jadinya badan saya? Yang ad amah, ketimpa bahan-bahan T_T Waktu PKPA di apotek, anak PKL dianggap gak becus & gak bisa ngapa-ngapain (makanya kami pengen belajar kan pak,bu?). Tapi kalo di sini, menyenangkan!!!! Seriously! Pas ditanya “ocha ngapain ke sini?” saya jawab “mau maen pak..😀 eh gak deng, saya tugasnya di sini tapi QA kok pak, mau ngeliatin aja” trus pak operator I bilang “oh gitu, yaudah, di sini aja, kan enak gak di depan computer terus” baik banget kan? *terharu*

Trus kecerewetan saya sangat disambut baik dan diberi penjelasan dengan sangat sabar. Mulai dari ” ini apa pak?” “kok pake ini” sampe “kenapa memutuskan kriteria rangenya segitu pak?” Dan semuanya dijawab dengan sangat jelas sampe saya ngerti. Padahal ya, mereka itu kan operator dan for man bukan supervisor tapi ahli tenan *salut*. Udah gitu saya kan nyoret-nyoret di buku catetan, sampe dibaca lagi trus ditanya “ini apa hayoo” ih ditest! Jadi malu pas saya gak bisa jawab, tapi berhubung mereka baek-baek, dijelasin lagi deh. J Karena saya GAK MUNGKIN bantuin angkat-angkat bahan yang beratnya berkilo-kilo itu, saya memutuskan untuk membantu ngaduk-ngaduk granul dan IPC (In Process Control)nya aja. Dibawain sarung tangan pula *baek banget kan? ^o^* Trus iseng-iseng liatin mesin dan semua proses. Udah gitu, bapaknya sampe nungguin saya selesai IPC baru menjalankan proses selanjutnya biar saya gak ketinggalan stepnya. FYI, proses granulasi tu stepnya sendiri ada banyak loh. Pertama, bikin larutan *yang ini saya gak ngerti larutan apa, kayaknya sih binder solution* Kedua, mixing bahan-bahan keringnya. Ketiga, mixing bahan kering dan solution. Keempat, pengayakan basah. Kelima, pengeringan. Keenam, pengayakan kering. Ketujuh, penambahan bahan desintegrant. Kedelapan, mixing lagi. Wuih, 8 step yak? Enaknya tuh, mesin-mesinnya dah bagus jadinya udah semiotomatis. Saya sih gak berani pencet-pencet, takutnya salah tombol, 1 batch rusak gara-gara saya, lagi @.@

Selain itu, saya banyak mendapatkan petuah dari bapak-bapak baik hati itu. Mulai dari jenis makanan sampe agama. Betah deh di pabrik,heuheuheu. Kalo gak inget mesti pulang cepet, saya masih mau deh disana,hehe. Chayyo buat 3 hari ke depan,cha! ^o^

Leave a Reply

