Cerita PKPA industri jilid I


Setelah 20 hari menempuh bulan April 2010 baru sekarang aku berkesempatan untuk menulis lagi di blog tersayang ini ^^ Awalnya sih gak sibuk-sibuk banget tapi berhubung pulsa internet habis jadinya menunggu untuk diisikan deh,hehehe. Jakarta gak kayak Jogja, beli pulsa bisa enak dimana-mana, kalo di sini, mencari tempat yang terpercaya agak susah *iya gak sih?* Masa aku pernah dimahalin pas beli air mineral 1,5 L sampe 2 kalinya!! Pliz deh T_T Tapi tak ada, masih banyak hal manis yang mewarnai hari-hariku..

Aku PKPA (Praktek Kerja Profesi Apoteker) di PT.Aventis Pharma. Ada yang tau dimana?? Hehe, perusahaan farmasi ini terletak di Pulo Mas. Perusahaan farmasi yang besar coz merupakan perusahaan farmasi terbesar ketiga di dunia dalam bidang risetnya. Sayangnya, di Indonesia gak ada bidang litbangnya (R&D) jadinya gak tau gimana perkembangan penelitian dan paling gak tau formulasinya kayak apa. Pertama kali masuk, wah, orangnya ramah-ramah ^^ menyenangkan deh pokoknya. Tapi kalo ngomongin kerjaan, jangan Tanya, gak selesai-selesai,hahaha. Tapi ya asik-asik aja, namanya juga kerja, mana ada kerjaan yang langsung kelar kan yah? :p

Aku dapet di bagian QA (Quality Assurance), bidang ini yang mengurusi dokumen-dokumen registrasi, menjamin bahwa produk yang dihasilkan benar-benar terjamin mutunya dan juga menangani keluhan. Ada satu hal yang menarik perhatianku, yaitu akibat perintah Menkes (ni kepmenkes or permenkes ya?), jadinya setiap perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia harus bikin pabrik dan memproduksi di Indonesia. Nah, dampaknya adalah kami dikejar-kejar deadline dokumen registrasi coz mau memasarkan produk baru yang akan release di Indonesia. Bener juga sih, soalnya kalo gak ada perintah Menkes ini, produksi biasanya di Negara lain, bisa di Prancis or Kansas or kota lain dan di Indonesia hanya pengemasan dan pemasaran. Pantes aja pabriknya termasuk kecil (menurutku) coz sebagian besar emang produksi di luar negeri. Eh, selain itu, kapasitas mesinnya juga besar deh kayaknya *ini masih sotoy,haha*. Yah, apapun itu, aku mesti mencari tau selama masa PKPA ini.

Hal yang menyenangkan adalah karyawan yang ramah-ramah. Mau membantu kalo misalnya ada kesulitan. Misalnya aja nyari dokumen, dikasi tau tu letaknya dimana. Kalo ngobrol-ngobrol, diikutsertakan. Biasanya kan karyawan gak mau gabung ma anak PKL (Praktek Kerja Lapangan) tapi ini gak. Friendly banget. Trus, makanannya enak-enak!!! Hahaha, buktinya naek 2 kg dalam 2 minggu! Ini yang aku suka banget,hahaha. Gimana gak naik BBnya, wong makan aja bisa dapet 3 lauk, sayur n buah. Bergizi gak tu?😀

Udah gitu, dapet kos juga enak-enak orangnya. Sama orang baru langsung disambut ^^ Opung sebagai induk semang juga baek banget. Asik deh. Walopun capek tapi tetep aja, semuanya bisa dinikmati.

Alhamdulillah J

6 thoughts on “Cerita PKPA industri jilid I

  1. Mmm.. aku sih prefer nyari yang suasananya lebih kondusif.. kalo gak kondusif, mari kita bikin lebih kondusif😉

  2. Jadi inget pertanyaannya Anung pas di Kalbe dulu, Anung nanyain soal bagaimana meningkatkan loyalitas pegawai.

    Lha kalo ntar pas kerja di industri ternyata lingkungan kerjanya gak asyik gimana? Mau keluar wakakakakakak….

  3. yup yup.. sebenarnya sih menurutku yang terpenting malah environment kerja or budaya yang ada di perusahaan itu.. Aku sih merasa “diterima” walopun hanya anak PKL.. Aku cenderung mencari lingkungan kerja yang asik (kalo misalnya boleh milih :p) Itu yang akan membuat kita betah bekerja dan cenderung loyal ke peruisahaan.. Pada akhirnya etos kerja juga jadi meningkat dan output yang dihasilkan lebih bagus.. Jadinya berangkat PKL bukan karena suatu “kewajiban” aja tapi jadi kangen orang-orangnya juga,hehehe..

  4. Hmmm…. kalo gitu sebenarnya yang bikin kita happy bukan cuman kerjaan kita ya? Tapi ternyata lingkungan yang ramah dan bersahabat juga bisa bikin happy. Beruntung kamu Cha bisa dapet environment yang kek gitu.

  5. Gimana gak menikmati coba dif? hanya aku n temenku yang di QA doank yang bisa makan or ngemil pas jam kerja , kalo nopek kan gak bisa, dia di QC (terbukti kenapa aku bisa naik BBnya,wkwkwk)
    Trus karyawan di QA ramah-ramah, asik-asik, gokil-gokil, biang gosip pula,hahaha.. sampe manajernya yang baik banget jadinya kalo komunikasi asik-asik aja, gak ada keseganan, yang pasti kerjaan selesai ^o^ Kalo kerjaannya sih ngebosenin wong mantengin komputer tapi asik n serunya karena karyawan disana asik-asik n baik-baik🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s