_hati yang merasa cukup_


Setiap orang pasti menginginkan hidup bahagia. Namun banyak orang yang menempuh jalan yang salah dan keliru. Sebagian menyangka bahwa kebahagiaan adalah dengan memiliki mobil mewah, Handphone sekelas Blackberry, punya istri/pacar cantik, punya suami/pacar ganteng, memiliki rumah real estate, dapat melakukan tur wisata ke luar negeri, dan lain sebagainya. Mereka menyangka bahwa inilah yang dinamakan hidup bahagia. Namun benarkah itu? Apakah memang kenikmatan duniawi yang akan membuat hidup tentram dan nyaman? Ketika kita memenangkan suatu perlombaan, apakah kita sudah merasa puas dan senang? Ketika kita mendapat kelimpahan rezeki yang begitu besar, apakah hal ini yang membuat hati kita menjadi gembira? Ketika memiliki pendamping yang ganteng or cuantik, apakah kita merasa puas? Jika tidak, maka mari bertanya pada hati kecil kita tentang arti kebahagiaan.

Hati kecil kita tentu akan mengatakan bahwa “letak kebahagiaan ada di dalam diriku”.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda,

لَيْسَ الْغِنَى عَنْ كَثْرَةِ الْعَرَضِ ، وَلَكِنَّ الْغِنَى غِنَى النَّفْسِ

“Yang namanya kaya (ghina’) bukanlah dengan banyaknya harta (atau banyaknya kemewahan dunia). Namun yang namanya ghina’ adalah hati yang selalu merasa cukup.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Semoga Allah memberi petunjuk kepada kita dan memberikan kita surga dunia yaitu dengan memiliki hati yang selalu bersandar pada-Nya, amiin. Karena hati yang selalu merasa cukup itulah yang lebih utama dari harta yang begitu melimpah. Karena hati yang selalu merasa cukup adalah kenikmatan tak terkira. Pernah gak sih kita memposisikan diri sebagai pejabat-pejabat yang korupsi uang Negara? Emang sih, harta banyak, prestise tinggi, dan kemudahan-kemudahan duniawi seakan menghampiri dan dunia seakan milik kita *cailaa* tapi tetep aja, di sudut hati sana, pasti merasa ada yang kurang, ada yang perlu dibenahi. Dan hatipun bicara “itu aku”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s