~Invasi Laron~


ujan-nggak-ujan-nggak.. trus tiba-tiba ada beberap bayangan berkelebat.. O-ow… tidak.. hh.. mulai lagi musim ini!! yup.. yup.. apalagi kalo bukan laron? awalnya takut, kirain ada binatang apa gitu yang masuk ke kamar, ternyata “tamu musim hujan” ini datang juga menepati janjinya.

sebenarnya aku baru tau loh kalo laron itu metamorfosis dari rayap( kalian tau gak?). kupikir, laron tu kayak makhluk “halus” yang tiba2 muncul pas musim hujan dan menghilang pas musim kemarau. kalo liat laron, jadi inget mereka tuh suka menanggalkan sayapnya trus jadi saling mencari dan bikin kereta-keretaan kayak kita main ular tangga sewaktu TK dulu,hihi.. Udah gitu, sayapnya halus banget, kayak mudah rapuh, kalo misalnya kita pegang bisa langsung lepas. dan cara paling efektif untuk nangkep laron pake air!! kasih aja air di mangok or di ember, pasti banyak yang jatuh. mereka tu pengen ngaca kali ya? jadinya suka air,hihi, tapi malah sayapnya nempel dan gak bisa dipake untuk terbang :'(  Laron tu punya cerita unik loh! kalo digoogling, cerita paling lengkapnya cuma 1 paragraf di bawah ini sih..

Masa hidup laron tidak lebih dari dua hari. Menurut Dr. Yohanes Surya, rayap memiliki tiga kasta (level perkembangan): kasta reproduktif, kasta prajurit, dan kasta pekerja. Laron merupakan salah satu fase dewasa dari kasta reproduktif. Ia akan menjadi raja dan ratu pada koloni rayap. Laron tumbuh dari telur. Sayap laron berkembang agar laron bisa terbang mencari pasangan kawinnya. Setelah kawin, sayap laron tanggal karena tidak diperlukan lagi. Kalo yang gak sukses or mati dalam mencari pasangan kawinnya (kasian yah padahal tempat nge-datenya dah pasti di lampu-lampu kan?), ya mereka gak bisa membuat koloni baru. Untuk laron yang sukses, mereka mulai membangun sarang di kayu-kayu yang agak lapuk dan menetaskan telur-telur sehingga membentuk koloni baru. Mm.. pantesan aja yah, kalo kayu-kayu yang banyak rayapnya bisa banyak laron pas musim ujan..

Trus, dulu tuh ada yang bilang kalo misalnya laron enak untuk dimakan. buat makanan cicak or semut mungkin kali ya! tapi kita?? aduh, pikir dua kali deh, terbangnya entah dah hinggap dimana aja trus badannya kan mirip banget sama semut. Eww! @.@ tapi ternyata emang ada loh, kelompok orang yang makan laron.. misalnya mmm..mm.. digoreng kayak bikin bawang goreng itu loh trus ditaburin ke nasi.. hiiiyy, ngebayanginnya aja dah merinding.. T.T

-tamu musim hujan-

4 thoughts on “~Invasi Laron~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s