sinergisitas dalam penelitian


sekilas membaca kompas online barusan saja (bisa diklik disini) dan merasakan adanya hawa segar di dunia penelitian, alhamdulillah🙂

senangnya dengan hawa2 awal pemerintahan kita.. bukan sesuatu yang dipungkiri, begitu banyak karya anak bangsa yang tak bisa lagi dipandang sebelah mata.. begitu banyak prestasiprestasi ditorehkan dalam dunia penelitian dan karya mereka tapi entah mengapa pemerintah tak mampu (atau tak mau?) bergerak dan mengumpulkan mahasiswa-mahasiswa ataupun peneliti-peneliti yang cerdas ini ke dalam satu ( satu saja dulu deh) program pemerintah sehingga dapat bersinergis dan juga memberikan kontribusi sebuah aplikasi yang bermanfaat untuk bangsa. saya yakin bangsa kita bisa, saya yakin bangsa ini tidak kalah pintar dengan bangsa lain. sudah ada buktinya. yang kurang hanyalah DUKUNGAN pemerintah untuk bisa “melek” dengan kualitas negerinya sendiri dan turut mendukung perkembangan dunia penelitian.. tak usahlah dengan peneliti-peneliti kita di Luar Negeri,, yang di dalam negeri sajalah dulu yang diberikan wadah untuk berkarya dan disupport sepenuhnya.. saya yakin, insya Allah perbaikan yang progresif akan dapat mewarnai bangsa ini ke depannya.

2 thoughts on “sinergisitas dalam penelitian

  1. Betul, potensi sumber daya manusia kita gak kalah. Salah satu buktinya adalah seringnya putera-puteri Indonesia menjuarai olimpiade sains internasional. Sedikit menambahkan juga, peran itu tak bisa cuma dibebankan ke pemerintah karena perlu ada dukungan dari unsur bisnis dan akademisi juga. Kalau merujuk ke jargonnya pak Kusmayanto Kadiman, triple heliks ABG (Academic, Business and Governement). Jika ketiganya bisa duduk bareng, barulah sinergisitas dalam penelitian dapat terwujud.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s