kurmaa.. kenyang euy!


teringat beberapa saat lalu ketika buber dengan teman2 1 subunit pada masa KKN dulu.. karena kehabisan tempat di muara kapuas, jadilah kami menuju aneka penyetan.. karena sampai tempat tujuan sudah bedug magrib dan baru pesan makanan, sudah tentu kami harus menunggu.. untunglah ada seorang teman yang menawarkan makanan paling dicari pada bulan puasa, yaitu KURMA! wah, baru hari itu di bulan puasa yang sekarang saya menyantap kurma ^o^..

kurma yang saya nikmati berasa manis dan terdapat butir2 kristal yang rasanya manis sekali.. pikir saya “ah, kurmanya ketuaan kali ya”.. sadar atau tidak, ketika kita mencicipi kurma yang terlalu tua, akan terdapat kristal2 di pinggir2 kurma tersebut.. saya berbuka hanya dengan sebuah kurma dan tentu saja air putih *biar gak seret gitu*.. setelah berbuka pun, kami melakukan magrib berjamaah lalu menyantap hidangan.. anehnya, saya merasa amat kekenyangan.. setelah saya pikir memikir, hmm.. ternyata!! jelas aja kekenyangan.. kadar glukosa dalam darah saya langsung naik.. begini, kurma mengandung > 50% glukosa.. sedangkan glukosa amat cepat diserap oleh tubuh untuk mengembalikan stamina pada saat puasa sebelumnya (Subhanallah ya! Rasul menganjurkan makan kurma karena ini nih).. dan karena kondisi tubuh sudah stabil trus ditambah nasi, jadinya kenyang deh.. dan kristal2 yang saya pikir itu apaan, kayaknya sih itu kristal gula.. wah, saya masih takjub sampe sekarang *.*

Leave a Reply

