estrogen


Siapa sih yang gak kenal sama hormon yang populer ini. Pada tau kan kalo estrogen adalah salah satu hormon seks yang berperan sangat penting bagi wanita?? Estrogen merupakan hormon steroid <punya kerangka inti yang sama kayak kolesterol loh> dan dibentuk terutama dari 17-ketosteroidnandrostenedion <prekursornya tuh hormon androgen>. Estrogen ternyata terdiri dari tiga jenis, yaitu 17β-estradiol (E2), estron (E1), dan estriol (E3). 17β-estradiol merupakan hormon yang paling dominan karena paling banyak terdapat dalam tubuh dan aktivitasnya paling tinggi


struktur estrogen dengan 3-7-dihidroksi (OH) untuk berikatan dengan reseptor

struktur estrogen dengan 3-7-dihidroksi (OH) untuk berikatan dengan reseptor



Terdiri dari empat cincin dan dua gugus hidroksil (-OH) yang penting untuk ikatan dengan reseptor estrogen. Efek yang disebabakan oleh hormon estrogen dinamakan efek estrogenik. Efek estrogenik yang dihasilkan pun banyak, seperti pertumbuhan payudara, menjaga kesuburan rahim, menjaga kehalusan kulit, mencegah osteoporosis, menjaga tubuh langsing <uhuyy>, dan menjaga kolesterol dalam tubuh. Gimana sih caranya estrogen bikin efek estrogenik?? Estrogen harus berikatan dengan reseptornya di organ-organ tertentu terlebih dahulu. Nah, reseptor estrogen (reseptor estrogen/ER) punya dua tipe, yaitu ERα dan ERβ yang berbeda pada asam aminonya di beberapa lokasi, misalnya pada tulang, ERβ lebih dominan pada sel-sel penyusun tulang.

bahan tulisan ini bisa kamu dapet di pustaka di bawah ini :

Cao, Z.T., Swift, T.A., West, C.A., Rossano, T.G., dan Rej, R., 2004, Immunoassay of Estradiol: Unanticipated Suppression by Unconjugated Estriol. Clinical Chemistry, 50(1) :160–165.

Maggiolini, M., Bonofiglio, D., Marsisco, S., Panno, M.L., Cenni, B., Picard, B., dan Ando, S., 2001, Estrogen Receptor a Mediates the Proliferatives but Not the Cytotoxic Dose-dependent Effects of Two Major Phytoestrogens on Human Breast Cancer Cells, Molecular Pharmacology, 60: 595-602.

Achadiat, C.M., 2003, Fitoestrogen untuk Wanita Menopause, Kesepro dot Info, diambil dari http://situs kesepro.info/aging/jul/2003/ag01.html, diakses bulan September 2008.

Jordan, V.C., 2004, Selective Estrogen Receptor Modulation:Concept and Consequences in Cancer, Cancer Cell, l5:207-213.

Matthews, J., Celius, T., Halgren, R., dan Zacharewski, T., 2000, Differential Estrogen Receptor Binding of Estrogenic Substances: A Species Comparison, The Journal of Steroid Biochemistry and Molecular Biology, 74: 223–234.

Kuiper, G.G.J.M., Lemmen, J.G., Carlsson, B., Corton, J.C., Safe, S.H., Van der Saag, P.T., Van der Burg, B., dan Gustafsson, J., 1998, Interaction of Estrogenic Chemicals and Phytoestrogens with Esrtrogen Receptors α and β, Endocrinology, 138:863-870.

2 thoughts on “estrogen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s