Capek berbuat baik?


kawan,pernah merasa capek karena berbuat baik gak? ato capek karena “merasa” jadi orang baik?? Q pernah.. (yang kenal Q jangan heran ato kaget ya! :p)

pernah kepikiran gini, kenapa sih pas berbuat baik yang lain malah berbuat jahat sama Q? kenapa sih berbuat baik malah bikin orang jadi males ngerjain menggunakan tangannya sendiri tapi malah bergantung sama Q? kenapa sih pas giliran aQ yang butuh,mereka gak pernah dateng? kenapa sih mesti aQ terus? dan pertanyaan kenapa-kenapa lainnya.. tapi jangan mikir aQ tiap hari mikir kayak gini loh, ni kebentuk kalo kegiatanQ lagi menumpuk banyak dan kapasitasku sebagai ocha udah gak bisa ditambah lagi..

malah pernah juga kepikiran, “udah capek ah, sekali-kali pengen jadi jahat deh”.. pernah Q omongin ini ke temenku eh dia malah bilang “gak cocok lu cha!” hahaha,, emang ada ya cocok gak cocok? dan pertanyaan “kenapa”-Q ini dijawab langsung olehNya..

beberapa waktu yang lalu diminta jadi MC pas pengajian UGM, q malah milih ngaji, bukan gara-gara mengajiQ bagus atau bahkan keren loh tapi gara2nya aQ emang gak mau ngMC tapi kepengen ikutan pengajiannya jadinya daripada gak bisa ikutan (coz ni pengajian dosen dan karyawan trus speakernya pak Umar Anggoro Jenie) ya jalan satu2nya itu,hihi,alasannya gak banget yah..

trus pas blajar supaya ngajinya bener, sampailah di suatu ayat yang bunyinya :


jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri (Al Israa:7)

deg! ya Allah, tepat banget tuh negornya.. padahal kalo berbuat baik ya gak akan kemana-mana hasilnya, buat diri Qita sendiri.. padahal berbuat baik itu pilihan, berbuat buruk juga pilihan, Allah dah ngasi kebebasan buat Q untuk memilih tapi ya jelas ada konsekuensinya..

padahal kalo berbuat baik tu yang untung ya diri kita sendiri bukan siapa2.. orang yang kita baik-in cuma menjadi perantara kita untuk bisa melakukan kebaikan, tanpa dia juga kita gak bisa memperbagus diri kita.. Astaghfirullah, parah banget aQ yah? >.<

semoga aja ketika aQ menjadi lelah “lagi” atau bahkan jenuh dengan keadaan, ayat ini mengingatkanQ kembali,amin..amin..amin.. Coz jadi orang jahat jauh lebih capek kayaknya :p

12 thoughts on “Capek berbuat baik?

  1. tapi rambutnya gak keliatan e mbak.. kalo gak iseng2 maen ke blog kamu, gak tau kalo kamu tu cwe.. peace :p

    • heeee….maaf yo mbak… he eh,,fotone mirip cwo.. maaf yoooo >.<
      Qpikir malah kakak kelasQ.. mirip amat :p
      Maaf yooo

  2. @gruunliebe
    iya mas.. dapet nilai plus plus.. di mata manusia n Allah ^^

    eh, gak harus cewe doank loh.. cwo juga bisa😉

  3. @yoga: iyah, makasi ya yog.. kata2mu bagus.. terus berlari sampai capeknya gak akan bisa mengejar Q…

    @kak arifian: hwee.. mas, tu bukan cuma di organisasi aja sih.. mm.. makasi masukannya, tapi tiap orang punya “ladang”nya sendiri2 ^^dan Q enjoy dengan kegiatan yang Q lakukan disini.. Mungkin ketika Q merasa lelah, harus segera merefresh pikiran dan jiwa jadinya bisa bangkit kembali dengan semangat yang lebih besar🙂

  4. di organisasi non profit semacam unit kemahasiswaan emang sering terjadi overlap tugas dan tanggung jawab.Jadinya ada yg supersibuk karena punya inisiatif dan dedikasi tinggi tapi ada pula yang pasif.

    Masalahnya bukan karena yang pasif “tidak baik” ,tapi karena yg aktif terlalu “inisiatif”,mm coba dicek lagi pendistribusian tugas di organisasi yg bersangkutan.

    Btw setelah menerawang “weton” mu (sok tahu :p)rosa cocoknya full di organisasi sosial semacam lembaga dakwah,lembaga kemanusiaan (mengurus org cacat,bantuan bencana dll) disini semakin aktif kita semakin banyak ganjaran dari Allah SWT gak peduli lagi masalah overlap tanggungjawab,tugas dll amiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s