MC, penting tapi sering dilupakan


selama ini Q sering melihat bahkan merasakan,,berkali-kali.. dari mulai ngMC 2 tahun lalu, entah di wisuda UGM, sumpahan apoteker UGM, seminar maupun simposium yang semuanya berskala formal, MC sering dinomorduakan..

sepengetahuanQ dan sepertinya begitu, MC adalah “penguasa acara” karena komando yang didengar selama acara berlangsung datengnya dari MC, tapi entah kenapa peran penting ini selalu dianggap sebelah mata padahal pada acara2 TV yang Qlihat, MC adalah ujung tombaknya suatu acara.. jika ada acara yang terlewat, MC langsung disorot tapi kalo acaranya berjalan sukses, mikirnya cuma “ooo” (seakan sudah sepantasnya seperti itu),, padahal jadi MC tu susah-susah gampang loh.. kalo di UGM, ada castingnya malahan (Q juga pernah loh ngerasain deg2an keterima atau gak,hahaha), kalo pernah melakukan kesalahan fatal, gak akan dipanggil lagi sebagai MC di wisuda, fiuww, butuh suatu profesionalisme juga ternyata.. dan INILAH yang tak terlihat oleh orang luar dan menganggap bahwa kami itu BIASA aja..

gak ada yang nyangka, kalo misalnya sebelum acara dimulai, kami harus memastikan SETIAP gelar bagi semua nama harus benar, mengkroscek dan menandai yang cumlaude dengan hati-hati, intonasi suara yang mesti dijaga, siaga melihat suasana acara, membaca setiap kata dengan spell yang jelas.. gak ada yang nyangka kalo persiapan juga ribet, muka gak boleh lecek, pake pakaian formal, yang cewe mesti pake high heels (kalo ngMCnya berdiri), gak boleh grasa-grusu.. weww, kalo dijabarin banyak juga ya..

coba deh kalo kamu ngerasain menjadi orang yang seharusnya penting (ex:cumlaude) trus cumlaudenya gak disebutin waaaa pasti kesel to? menyesali si MC to? atau gak kamu adalah prof tapi gak disebutin,wah, abis itu MC pasti langsung dievaluasi,ckckck.. INI juga yang tak terlihat dunia luar..

seriiiiinnnnggggg banget aku melihat dan merasakan (juga), kalo di seminar2 MC sering dicuekin, susunan acara dan yang menyampaikan suka belom pasti, kalo salah di tengah-tengah, yang menjadi sorotan audiens tu kami (padahal yang gak jelas tu panitianya), jadi suka sebel..

so, kamu2 yang panitia suatu acara, tolong kalo bikin susunan acara dan pembicaranya tu ngasi ke MC yang jelas yo, tolong kami juga untuk membangun keprofesionalismean kami (ceilee) dan membangun acara menjadi lancar,car,car!😉


8 thoughts on “MC, penting tapi sering dilupakan

  1. nasib apanya ya zal? dengan kejadian ini, kita semakin sadar bahwa setiap bagian dari suatu acara adalah orang penting kan? harus sama2 menghargai.. bukan hanya ketua acaranya aja tapi juga sie konsumsi, sie perlengkapan, sie administrasi, semuanya adalah orang penting🙂

  2. @prahata
    hahaha, emang tugas MC begitu kak, cerewet menjelang hari H, memastikan orang2nya.. yang lucunya tu pernah aku udah nanya2 tapi bilangnya “belum pasti, belum pasti” ya udah deh, yang maju ngasi sambutan ternyata bukan orang yang dimaksud😀 (pas sumpahan apoteker) tapi ini gak begitu penting sih.. soalnya dianya juga maklum gitu,hehe..
    gak usah demo2 sih kan udah ada koordinator kami, jadinya ya kami tinggal ngomong aja..😉

    @yoka
    beberapa hari lalu? wong 2 hari kok.. kemaren dan kemarennya lagi yok..

  3. hoho curhat colongan

    gini aja bikin “Serikat MC UGM” yang merupakan himpunan MC se UGM,

    Terus suarakan tuntutan2 itu..kalo gak dipenuhi ancaman mogok mc sekampus..hehe,Gak ding

    Proaktif aja (cerewet-red) tanya2 ke panitia, 2-3 hari sebelum acara they will understand insya Allah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s