farmakogenomik


dna in the bottle

dna in the bottle

Banyak obat sintetik yang tidak berkhasiat bagi beberapa orang lalu saat ini mulai beralih kepada natural drug yang lebih dapat diterima tubuh,, tu Indonesia..
sedangkan di luar negeri sudah berkembang senyawa obat yang benar2 ditargetkan untuk tiap-tiap pasien, dengan kata lain 1 person 1 drug… kok bisa?? ini karena adanya perbedaan genetik dari masing-masing orang… menarik bukan?

jadi, materi genetik kita yang terangkum dalam kromosom dapat dibuat chipnya (kayak komputer yah) dan ini dinamakan chip DNA,, dari chip ini bisa diketahui penyakit masing-masing orang tu apa (dia rentan terkena penyakit apa aja) dan penyakit yang biasa diwaspadai adalah hiperkolesterolemia yang menyebabkan penyakit jantung dan kanker..
betapa menyenangkannya bagi seorang farmasis untuk menemukan solusi pengobatan yang tepat untuk setiap orang..

pertanyaannya : kenapa di Indonesia gak berkembang??
mungkin karena perkembangan biotechnologi di Indonesia tidak sepenuhnya disuport oleh pemerintah,, bayangkan saja malaysia,, udah ada rumah sakit yang bisa membuat sidik jari DNA dan mengetahui DNA janin seperti apa.. di Indonesia? untuk memastikan korban pesawat BOEING yang jatuh di Jogjakarta aja dengan menggunakan sidik jari DNA ditolak mentah2 sarannya sama pemerintah,, ckckckck,, gimana bisa maju coba?

di Indonesia, penelitian2 yang dilakukan gak kalah keren sama malaysia dan jepang tapi kenapa gak kliatan ke publik? karena pemerintah malaysia dan jepang mensupport bahkan peranan swasta mendukung,, sedangkan Indonesia? yang kaya makin kaya gak ngliat2 masyarakat miskin susah makan dimana2, tingkat kesehatan masyarakat memburuk,,

semoga aja untuk pemerintahan mendatang, MenKes yang dipilih gak cuma ngerti masalah konvensional doank tapi mengerti dunia kesehatan yang up to date… Amin… ^^

contoh melihat DNAnya

contoh melihat DNAnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s